Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Keterangan Bibliografi
Pengarang | : SUPARLAN |
Pengarang 2 | : |
Kontributor | : Zulisih Maryani |
Penerbit | : HIKAYAT Publishing |
Kota terbit | : Yogyakarta |
Tahun terbit | : 2004 |
ISBN | : 979-98420-3-4 |
Subyek | : Pendidikan |
Klasifikasi | : 379 Sup M |
Bahasa | : Indonesia |
Edisi | : Cet 1 |
Halaman | : xxxvi, 276 hlm; 14x20 cm |
Keyword | : |
Lokasi | : |
Jenis Koleksi Pustaka
Buku
Kategori Pustaka
Tidak ada kategori
Abstraksi
Buku ini memberikan uraian singkat tetapi menyeluruh mulai dari makna mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai satu konsepsi sampai dengan praktek dan implementasinya dalam proses pendidikan, baik dalam jalur pendidikan sekolah maupun luar sekolah. Teori yang coba dibedah dalam buku ini adalah teori Howard Gardner, yaitu kecerdasan bukan hanya terbatas pada kecerdasan intelektual (intellectual intelligence), sebagaimana pemaknaan yang ada selama ini, melainkan terdiri atas tujuh tipe kecerdasan, bahkan delapan tipe kecerdasan yang disebut kecerdasan ganda (multiple intelligence). Pembahasan lengkapnya terbagi dalam tujuh bagian, yaitu: Pembuka, Manusia sebagai makhluk pembelajar, Kecerdasan ganda (multiple intelligence), gaya pembelajaran (learning styles), dan revolusi pembelajaran (learning revolution), Pendidikan sebagai usaha sadar untuk mencerdaskan kehidupan, Sekilas tentang sistem pendidikan nasional, Sekilas tentang tokoh-tokoh pendidikan serta gagasan dan upayanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan Simpulan.
Inventaris
# | Inventaris | Perpustakaan | Dapat dipinjam | Status Ada |
1 | 5343/P1/2005 | Kantor Pusat | Ya | |
2 | 5345/P3/M/2005 | Kantor Pusat | Ya |